Depok Mencari Siswa Berprestasi - Depok
Headlines News :
Home » , » Depok Mencari Siswa Berprestasi

Depok Mencari Siswa Berprestasi

Written By Sofhal Jamil on Friday, May 10, 2013 | 8:36 AM

Depok -Sebagai wilayah penyangga di Provinsi Jawa Barat, Kota Depok tak ingin ketinggalan dalam hal pendidikan. Meski umur kota yang dijuluki kota belimbing ini masih belasan, tetapi pendidikan merupakan hal yang mendasar.



Untuk mencapai target dan mengukir prestasi tertentu di bidang pendidikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana membuat program pendidikan unggulan bagi siswa-siswi Depok.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Herry Pansila mengatakan, program tersebut bernama CIBI. ''CIBI kepanjangan dari Cerdas Istimewa, Bakat Istimewa,'' ujar Herry kepada wartawan, Senin (8/4), di Depok.

Ia mengatakan, CIBI merupakan program pendidikan yang diusung Kota Depok untuk mencari siswa-siswa yang berbakat serta berprestasi. Wujud dari keberadaan CIBI ini yaitu, berupa pembangunan sejumlah kelas-kelas. Rencananya, program ini akan dimulai tahun ajaran yang akan datang.

Herry menjelaskan, kriteria siswa yang bisa mengikuti dan tergabung dalam CIBI ialah siswa dengan tingkat kecerdasan otak atau memiliki IQ di atas rata-rata. ''IQnya yang di atas 130. Ini akan dilaksanakan untuk tingkat SD, SMP, dan SMA,'' ucapnya.

Ia menerangkan, walau tingkat kecerdasaan seorang siswa sudah di atas 130, sebelum masuk ke dalam kelas CIBI siswa terlebih dulu wajib mengikuti proses rekrutmen atau seleksi. Herry menjelaskan, setiap siswa harus menjalani tes psikologi yang didampingi seorang psikolog.

Jika berhasil dan lolos dalam tes seleksi, siswa tersebut bergabung dan mengikuti kegiatan belajar-mengajar di kelas CIBI. CIBI seperti kelas unggulan yang ada di setiap sekolah. ''Jadi, nanti kita fasilitasi CIBI di kelas-kelas unggulan.''

Herry menambahkan, siswa-siswi CIBI yang memiliki prestasi, tidak hanya di bidang akademik, tetapi non-akademik. Prestasi non-akademik seperti di bidang seni dan olahraga yang bertaraf nasional. ''Sehingga, Depok juga memiliki siswa-siswa berpresatsi dan maju pendidikannya,'' tutur Herry.

Herry melanjutkan jika ternyata jumlah siswa CIBI Depok, di setiap tingkat pendidikan, yang lolos seleksi banyak, akan dibuka satu kelas khusus di sekolah tersebut. Sedangkan apabila jumlah siswa CIBI yang memenuhi kriteria hanya beberapa, siswa tersebut usai jam pelajaran, mengikuti kelas tambahan lagi di sekolah.

Menurut dia, atas prestasi istimewa yang dimiliki, siswa-siswi CIBI akan mendapatkan keuntungan tersendiri. ''Polanya ada dua. Siswa diprioritaskan peroleh akses masuk PTN atau ikut program akselerasi di sekolahnya,'' imbuh Herry.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
 
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya