Penyebab Hujan di Depok dan Sekitarnya

Depok - Mungkin banyak yang bertanya kenapa Depok masih diguyur hujan dua hari belakangan ini. Ada yang mengira seharusnya saat ini Indonesi...

Depok - Mungkin banyak yang bertanya kenapa Depok masih diguyur hujan dua hari belakangan ini. Ada yang mengira seharusnya saat ini Indonesia sudah memasuki musim panas. Namun, berdasarkan keterangan BMKG, saat ini Indonesia sedang memasuki masa transisi dari musim hujan ke musim panas.



Hujan deras yang melanda Depokpada Rabu (17/4) dan Kamis (18/4) kemarin dikarenakan adanya perbedaan suhu dan tekanan udara. Hujan yang membuat beberapa wilayah di Jabodetabek tergenang tersebut ditandai dengan suhu panas hingga siang hari.

"Masa transisi indikasinya biasanya secara alami pagi hingga siang udara cerah cukup panas, diikuti dengan pertumbuhan awan yang berpotensi hujan. Seperti awan berwarna abu-abu kehitaman yang muncul hari Rabu kemarin. Sedangkan yang hari Kamis itu intensitasnya sedang, tapi durasinya lama," ujar Kepala Subbid Informasi BMKG, Hary Tirtodjatmiko, saat berbincang dengan detikcom, Jumat (19/4/2013).

Masa transisi yang dimaksud adalah perpindahan musim hujan ke musim kemarau. Namun cuaca tidak berubah secara tiba-tiba, ada sebuah proses alamiah yang memakan waktu sekitar tiga bulan sebelum iklim benar-benar berganti.

"Masyarakat otomatis nanya ini, masuk musim kemarau belum? Kalau kondisi seperti itu apakah Jakarta sudah memasuki musim kemarau atau belum, lebih elegannya ada transisi di Maret, April, dan Mei. Kondisi saat ini transisi musim menuju kemarau," ujar Hary.

Hary menjelaskan hujan yang terjadi dua hari lalu dikarenakan kondisi cuaca yang bertekanan rendah di Samudera Hindia bagian barat Bengkulu dan pertemuan angin dengan massa udara yang berpotensi terjadi pembentukan awan hujan yang signifikan.

"Dilihat dari hasil analisis data curah hujan yang terjadi hari Rabu, itu cukup signifikan. Boleh dikatakan intensitasnya itu sangat lebat, dengan konsentrasinya di bagian selatan, sekitar Depok," ujar Hary.

"Yang hari Kamis kurang lebih sama, tapi relatif intensitasnya tidak sederas Rabu, tapi lama durasinya. Proses itu kan selain pola tekanan, juga ada suhu yang masih cukup hangat terutama disekitar Jawa Barat dan Sumatara bagian barat. Jadi ada penguapan cukup tinggi dan kondisi lokal yang cukup lembab. Itu yang berpotensi pembentukan awan hujan," tutup Hary.

COMMENTS

Berita Depok
Name

Anekainfo,9,Berita Depok,40,Bisnis Depok,24,BisnisDepok,10,Budaya Depok,13,Depok,252,Depok Hari Ini,10,Depok Unik,8,Ekonomi Depok,28,Event Depok,4,Kampus Depok,4,Kesehatan Depok,17,Kriminalitas Depok,33,KulinerDepok,16,Olah raga depok,5,Pendidikan Depok,29,Politik Depok,19,Properti Depok,13,Sekolah Depok,3,SeputarDepok,30,Teknologi Depok,9,UKMDepok,15,Video,6,Wisata Depok,14,
ltr
item
Detik Depok: Penyebab Hujan di Depok dan Sekitarnya
Penyebab Hujan di Depok dan Sekitarnya
http://3.bp.blogspot.com/-e2Trat5bY44/UXcvYq-qQ8I/AAAAAAAAE4Q/37vDd3IXab8/s320/hujan-di-depok.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-e2Trat5bY44/UXcvYq-qQ8I/AAAAAAAAE4Q/37vDd3IXab8/s72-c/hujan-di-depok.jpg
Detik Depok
https://www.detikdepok.com/2013/04/penyebab-hujan-di-depok-dan-sekitarnya_2304.html
https://www.detikdepok.com/
https://www.detikdepok.com/
https://www.detikdepok.com/2013/04/penyebab-hujan-di-depok-dan-sekitarnya_2304.html
true
2701117477731470911
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy